Hanya Berjumlah 5 Persen, Umat Muslim Mengaku Nyaman di Taput

Meski sangat minoritas, yaitu hanya 5 persen dari keseluruhan penduduk, namun Umat Muslim di Tapanuli Utara (Taput) mengaku merasa nyaman tinggal di kabupaten tersebut.

topmetro.news – Meski sangat minoritas, yaitu hanya 5 persen dari keseluruhan penduduk, namun Umat Muslim di Tapanuli Utara (Taput) mengaku merasa nyaman tinggal di kabupaten tersebut.

Demikian pengakuan dari Panitia BKM dari Masjid Ar-Rahman Huta Tonga Aek Puli Suanto Sianturi saat menerima dana hibah untuk rumah ibadah dari Bupati Taput Dr Nikson Nababan, Rabu (26/10/2022).

“Saya mewakili BKM Masjid dari Masjid Ar-Rahman Huta Tonga Aek Puli yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati yang tidak pernah membedakan antara keberagaman di Tapanuli Utara,” ujar Suanto Sianturi.

Bahkan menurutnya, Nikson Nababan sangat menjunjung nilai keberagaman di Tapanuli Utara. “Secara pribadi kami Umat Muslim di Tapanuli Utara ini sangat minoritas. Kurang lebih sekitar 5% di Taput. Namun jujur kami sangat merasa nyaman dan tenteram daripada perlindungan saudara-saudara kami di Tapanuli, khususnya dari pihak pemerintah,” urainya lagi.

Ia pun berharap, agar apa yang mereka rasakan di Tapanuli Utara dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia.

“Saudara kita di luar daerah Taput yang Kristen namun minoritas masih ada yang terasingkan. Mudah-mudahan mereka bisa menjadikan Kabupaten Tapanuli Utara ini sebagai contoh dalam melindungi keberagaman demi kemajuan daerahnya,” ungkap Suanto Sianturi.

Hibah Rumah Ibadah

Penyerahan hibah itu sendiri berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Rabu (26/10/2022).

Di mana Drs Nikson Nababan MSi menyerahkan dana hibah secara simbolis kepada ketua panitia/majelis/BKM penerima dana hibah pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana rumah ibadah. Turut mendampingi Bupati, Kabag Kesra Pemkab Taput Denny Simamora.

Pada kesempatan itu, Bupati Taput memberikan dana hibah secara simbolis kepada 19 rumah ibadah, baik gereja maupun masjid, dengan PAPBD Tahun Anggaran 2022.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan agar penggunaan dana hibah tersebut tepat sasaran sesuai peruntukannya. “Saya harap dana hibah yang diserahkan Pemerintah Taput digunakan sebaik mungkin sesuai dengan peruntukannya. Agar tempat ibadah kita semakin baik dan iman masyarakat Tapanuli Utara semakin kuat,” ujar Bupati mengawali.

Bupati Nikson Nababan menjelaskan bahwa kemajuan dan keberhasilan dalam segenal aspek pembangunan di Kabupaten Taput tidak terlepas dari peran positif masyakat Taput. Oleh karena itru, Bupati mengajak masyarakat untuk terus bergandengan tangan. Serta memberi kontribusi yang positif demi kerukukan umat beragama di Kabupaten Taput.

“Pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama membangun Tapanuli Utara. Mari kita sama-sama membina saudara kita di tempat ibadah untuk melakukan kebaikan. Dan menjaga lingkungan tempat ibadah agar tetap asri, bersih, dan rapi,” ujarnya.

Selanjutnya kepada Kabag Kesra dan Kepala Bappeda ia minta agar segera membuat lomba terbersih tempat ibadah. “Saya juga mohon doanya agar saya dan jajaran pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara bisa menuntaskan program kerja demi kemajuan pembangunan Taput,” tutup Bupati.

Terima Kasih

Selanjutnya Panitia Gereja Protestan dari GKPI Jemaat Khusus Tarutung Kota, Panitia Gereja Katolik Pdt Dirgos Lumbantobing STh dari Katolik Santa Maria Tarutung Bonafacius Nurak, dan Panitia BKM dari Masjid Ar-Rahman Huta Tonga Aek Puli Suanto Sianturi menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Tapanuli Utara atas bantuan dan perhatian tersebut.

Ada pun 19 rumah ibadah yang mendapat bantuan hibah antara lain, GKPI Jemaat Khusus Tarutung Kota, GKPI Sitanggor Ressort Siborongborong Lumban Inaina, GKPI Jemaat Siunggas Robean Ressort Janji Angkola, GKPI Lobu Pining Resort Pahae, HKI Hutagurgur Resort Garoga, HKI Siparendean Resort Sipahutar, HKI Dano Resort Hajoran Daerah V Tapteng-Tapsel, HKBP Pagaran Resort Pangaloan, HKBP Simangumban Lintong, HKBP Pagar Batu Resort Hutaraja Dolok, HKBP Hutagurgur Resort Nauli Dano Horbo, Katolik Paroki Santa Maria Tarutung, Katolik Santo Yohannes Salib Lobusingkam Paroki Santa Maria Tarutung, GBI Pagar Sinondi Sitampurung, GBI Hutagodang, GPP Jemaat Immanuel Lumban Jabijabi Resort Sipahutar, GPdI Jemaat Pemulihan Lobu Singkam, Masjid Al-Zuhrya Sigalagala dan Masjid Ar-Rahman Huta Tonga Aek Puli.

penulis | Raja P Simbolon

Related posts

Leave a Comment